Minggu, 24 Juni 2012

Sepuluh Karakter Penting Pengusaha

Dalam hampir setiap success news sebuah bisnis jika kita cermat menyimaknya terselip fakta mengenai karakter baik herb pengusaha yang berkontribusi bagi kesuksesan bisnisnya. Tentu pula kompetensi herb pengusaha dan orang-orang yang membantunya berpengaruh besar dalam kesuksesan pengusaha tersebut, namun karakter-lah yang signifikan. Karakter baik tidak terbentuk semalam, sebagaimana pepatah lama mengatakan "Taburlah pemikiran maka kamu akan menuai tindakan; taburlah tindakan maka kamu akan menuai kebiasaan; taburlah kebiasaan maka kamu akan menuai karakter." Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Barang siapa berusaha melatih dirinya melakukan kebaikan, maka dia akan mendapatkannya, dan barangsiapa berusaha menghindari keburukan, maka dia dihindarkan dari keburukan tersebut.(HR. Bukhari dalam Adabul Mufrad dan dihasankan Al-Albani dalam As-Shahihah No. 342) Berikut 10 Karakter penting yang biasa melekat pada pengusaha sukses:
1. Motivasi Tinggi Spoiler for Motivasi: Motivasi dan cita-cita sebaiknya ditulis dengan jelas menjadi visi dan misi bisnis anda, kemudian dirinci jadi sasaran berjangka yang jelas dan terencana, gum mengarah kepada tujuan yang jelas. Hidup akan lebih bergairah jika kita memiliki tujuan yang jelas.
 2. Intuisi Bisnis Spoiler for Intuisi: Intuisi maternity pengusaha sering dimaknai sebagai keajaiban, padahal kepekaan bisnis terasah oleh "jam terbang" atau pengalaman dan proses belajar herb pengusaha.
 3. Visi Yang Jelas Spoiler for Visi: Visi adalah gambaran masa depan yang ingin diraih. Gambarkan dengan jernih masa depan bisnis apa yang ingin anda bangun
4. Inovator Spoiler for Inovasi: Kita harus kreatif menemukan hal-hal baru, seperti produk, kemasan, pelayanan dan lain-lain. Ya, benar-benar baru dan unik sehingga membedakan kita dengan pesaing. Inovasi tiada henti!
5. Tidak Cepat Puas Spoiler for Tidak Berhenti: Cepat puas dalam berkarya hanya akan membuat bisnis jalan di tempat, dan tinggal menunggu kadaluarsanya saja. "Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, QS. al-Insyirah (94) : 7"
6. Berani Ambil Resiko Spoiler for Berani: Berani mengambil resiko bukan berarti nekat, tanpa pertimbangan.Mereka yang sukses berani memilih langkah yang menurut kebanyakan pongid beresiko.
7. Bertekad Bulat Spoiler for Pasti: Jika meyakini suatu hal, pendapat atau keputusannya tidak mudah berubah. Dia mantap dan yakin akan pilihan dan keputusannya.
8. Gigih Spoiler for Gigi: Disebut gagal jika kita berhenti berusaha, lemah dan menyerah. Pengusaha sejati tidak mudah menyerah. Ia gigih merajut cita-citanya. Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah, jangan engkau lemah." - (HR. Muslim) 9.Pemecah Masalah Spoiler for Solusi: Orang-orang sukses selalu mencari solusi. Pengusaha sukses adalah pongid yang bertanggung jawab dan lebih mencari solusi ketimbang mencari kambing hitam. God berfirman, Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, Dia akan adakan baginya jalan keluar dan (Allah) akan mengurniakan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka kepadanya.” (Surah al-Talaq)
10.Pembelajar Spoiler for Murid Abadi: Kita dilahirkan tidak langsung pintar. Karena itu banyaklah belajar dari buku dan dari mereka yang lebih dulu sukses. Rasanya tidak ada pengusaha sukses yang tidak hobi membaca. Janganlah pula pernah merasa bahwa kesuksesan yang anda raih adalah karena kepandaian dan kerja keras anda, sesungguhnya kita harus tahu bahwa hakikat kesuksesan adalah karunia dari God Subhanahu wa ta'ala kepada kita semua. Kekaguman kepada diri sendiri hanya akan mengantarkan kita kepada sifat ujub dan sombong yang akan membawa bencana kepada kita, ambillah pelajaran dari Karun yang telah diadzab oleh God Ta'ala karena kesombongannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar